Dampak negatif

Yusep
0

Dengan memperhatikan Konsep yang berlaku dalam teknologi ini antara lain positional assembly dan self replication. Setiap molekul yang merupakan perwujudan suatu benda terdiri dari suatu kumpulan atom yang berbeda yaitu kelompok atom yang bermuatan positif (proton) dan yang bermuatan negatif (electron). Keduanya akan saling tarik-menarik. Atom yang memiliki keelektronegatifan paling besar akan tertarik oleh atom yang memiliki keelektronegatifan kecil. Jika kita mengubah masing-masing posisi tersebut dengan benar dan tepat maka atom tersebut dengan sendirinya saling tarik menarik, sehingga membentuk susunan baru seperti yang kita kehendaki. Self Replicant dapat kita lihat pada atom pada kulit manusia yang dapat memperbanyak dirinya sendiri disaat satu atom mengalami kerusakan, atom-atom yang disusun teknologi Nano diharapkan seperti keadaan kulit manusia sehingga dapat meminimkan biaya produksi yang nanti dibutuhkan khususnya dalam bidang kedokteran dan pertanian.

Salah satu contoh saja, bila dengan kemajuan teknologi nano bisa dikembangkan di dunia pertanian. Anda tidak perlu menunggu lama untuk memakan kentang dengan menanam bibitnya karena dengan menggabungkan susunan atom-atom dari air, udara dan debu anda dapat menghasilkan sebuah kentang sama dengan yang dijual di pasar maupun swalayan. Sebab menurut penelitian susunan atom kentang mirip dengan kombinasi atom air, udara dan debu. Sayangnya teknologi masih dalam lingkup Laboraturium. Mungkin setelah 10 sampai 20 tahun lagi kita benar-benar dapat merasakan teknologi ini ditengah-tengah masyarakat luas.

Tetapi tentu saja itu artinya memutus rantai pembentukan kentang itu sendiri, dan tidak mungkin ini ada dampak negatifnya. Bahkan Salah satu yang ditakuti para ilmuan adalah kemampuan self replicant, contohnya dibuat produk untuk membasmi virus pada tubuh manusia contohnya kanker namun bila antivirus ini tidak terkontrol untuk sifat self replicant maka dapat membahayakan tubuh manusia yang memakainya.

Bukan tidak mungkin teknologi ini dipakai untuk tujuan tidak baik contohnya pembuatan bom yang dirancang sedemikian rupa dengan ukuran superkecil dengan kemampuan daya ledak yang besar. Diperlukan antisipasi dini untuk dampak-dampak negatif semacam ini.
Semoga para ahli dapat menentukan langkah terbaik akan hal ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)