GPS

Yusep
0
GPS, Saya yakin kalau yang namanya GPS semua pasti sudah pada kenal dengan istilah ini. Ya minimal pernah dengar Namun terkadang kalau ditanya, apa sebenarnya GPS? Paling kita hanya tersipu-sipu malu soalnya susah menjelaskannya. Yang paling gampang beri jawaban, GPS itu teknologi untuk melacak.

Sebenarnya kalau menurut beberapa referensi GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi berbasiskan radio yang menyediakan informasi koordinat posisi, kecepatan, dan waktu kepada pengguna di seluruh dunia. Jasa penggunaan satelit GPS tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya membutuhkan GPS receiver untuk dapat mengetahui koordinat lokasi. Keakuratan koordinat lokasi tergantung pada tipe GPS receive. Harganya pun bervareatip tegntung merk dan tentu saja kemapuan GPS receive itu sendiri. Tapi belakangan ini teknologi GPS lebih dikenal dekat oleh para pengguna mobile devices (handphone, pda).

Dan salah satu kemampuannya untuk melacak pun bisa kita manfaatkan bila kita kehilangan Hanphone (yang dicuri). Dengan memiliki GPS tool (GPS tool merupakan suatu alat yang dapat mengakses GPS), alat ini dijual dipasaran bebas, Bahkan sekarang ini, fasilitas GPS ini banyak yang secara built in ada pada merk ponsel tertentu. Maka, ponsel-ponsel yang hilang dan berada dalam jarak lingkup GPS Tool yaitu sekitar maka akan terdeteksi. Dan yang terdeteksi adalah nomor IMEI ( International Mobile Equipment Identifier) yang terdapat pada setiap ponsel.

Ditemukannya kembali ponsel yang hilang melalui GPS tool tersebut karena GPS tool ini dihubungkan ke BTS (Based Tranceiver Station), kemudian BTS tersebut mencari signal ponsel yang hilang. Ketika signal ponsel hilang tersebut terdeteksi oleh BTS, maka diregistrasi oleh komputer yang kemudian dikembalikan lagi ke BTS sehingga membuat transmitor ponsel tersebut on/menyala. Dengan aktifnya signal tersebut, maka secara otomatis nomor IMEI yang terdapat pada ponsel akan terdeteksi meskipun sim card pada ponsel tersebut telah diubah ataupun diganti. Jadi pada dasarnya GPS tool tersebut bisa bekerja untuk melacak ponsel yang hilang, jika keadaan ponsel tersebut dalam keadaan aktif.

Tidak sekedar pada Ponsel penerapan teknologi GPS untuk dinegara-negara maju telah dimanfaatkan pula pada kendaraan.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)